Kamis, 29 September 2011

Tutorial Microsoft Excel

Mengenal Microsoft Excel.







Menambahkan dan mengganti Worksheets (Kertas Kerja)

worksheets dalam workbook (buku besar) dapat di akses dengan mengklik worksheet tabs sedikit di atas status bar. Biasanya, tiga worksheets yang ada dalam buku workbook. Untuk menyisipkan , pilih Insert|Worksheet dari menu bar. Untuk mengganti worksheet tab, klik kanan pada tab dengan mouse dan pilih Rename dari shortcut menu. Ketik nama yang baru dan tekan ENTER.



The Standard Toolbar

Tollbar dibawah ini terdapat pada layar atas yang memungkinkan anda untuk mengakses secara cepat perintah Excel.







New – Pilih File|New dari menu bar, tekan CTRL+N, atau klik tombol New untuk membuat workbook.



Open – Klik File|Open dari menu bar, tekan CTRL+O, atau klik tombol Open untuk membuka workbook yang telah ada



Save – Untuk pertama kali menyimpan, pilih File|Save As dan beri nama filenya.. Setelah diberi nama file klik File|Save, CTRL+S, atau tekan tombol Save pada standard toolbar.



Print – Klik tombol Print untuk mencetak worksheet.



Print Preview – Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .



Spell Check – Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.



Cut, Copy, Paste, and Format Painter – Perintah ini akan dijelaskan pada Modifying A Worksheet .



Undo and Redo – Klik tombol (<– )backward Undo untuk membatalkan langkah terakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redo untuk membatalkan undo



Insert Hyperlink – Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketik teks kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, klik tombol Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link dengan teks dan klik OK.



Autosum, Function Wizard, and Sorting – Fitur ini didiskusikan secara detail dalam tutorial Functions .



Zoom – Untuk mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari menu Zoom.



Menu



Tidak seperti versi Excel sebelumnya, menu dalam Excel 2000/XP/2003 pada awalnya hanya daftar perintah yang biasanya digunakan. Untuk melihat semua option pada menu, klik ganda panah pada bawah menu. Jika anda akan kembali ke versi Excel sebelumnya, Ikuti langkah berikut.

Pilih View|Toolbars|Customize dari menu bar.

Klik pada Options tab.

Hilangkan Ceklist pada kotak Menus show recently used commands first









Toolbars



Toolbars

Banyak toolbar dapat dilihat pada tombol shorcut. Pilih View|Toolbars dari menu bar untuk memilih toolbar lain



Customize Toolbars

Customizing toolbars mengijinkan anda untuk menghapus sebagian tombol shortcut dari toolbar jika anda tidak ingin menggunakannya dan masukkan tombol shortcut buttons untuk memerintahkan anda menggunakan sesering mungkin.

Pilih View|Toolbars|Customize dan pilihCommands tab.



Dengan mengklik perintah dalam kotak Categories, Perintah akan mengubah kotak dikanan Commands.

Pilih perintah yang anda suka untuk dimasukkan ke toolbar dengan memilihnya dari kotak Commands.

Drag perintah dengan mouse ke lokasi yang diinginkan pada toolbar dan lepaskan tombol mouse. Tombol shorcut sekarang harus terlihat pada toolbar.

Hilangkan tombol dari toolbar dengan kembali ke langkah tadi. Sorot tombol pada toolbar, drag keluar toobar dengan mouse, dan lepaskan tombol mouse.



Menyimpan Macro

Macros bisa mempercepat pengeditan biasa, urutan yang diinginkan dalam menjalankan spreadsheet Excel. Contohnya kita akan membuat macro yang sederhana yang akan menset semua garis tepi halaman pada satu inchi

Klik Tools|Macro|Record New Macro dari menu bar.







Isikan nama Macro pada Macro name field. Nama tidak boleh pake space dan harus tidak boleh dimulai dengan angka.



Jika anda akan membuat shortcut key untuk makro agar mempermudah penggunaan, masukkan huruf dibawah Shortcut key. Masukkan huruf kecil untuk membuat CTRL+nomor shortcut dan masukkan huruf besar untuk menugaskan CTRL+SHIFT+number shortcut key. Jika anda memilih tombol shorcut ketika Excel digunakan, macro anda akan tertimpah oleh fungsi tadi.

Pilih option dari menu panah bawah Store macro in.

Masukkan deskripsi dari macro dalam Description field. Ini untuk referensi hanya anda harus ingat yang dilakukan macro.

Klik OK ketika anda siap untuk memulai recording.

Pilih option dari menu tombol bawah dan Excel akan menyimpan option yang anda pilih dari kotak dialog, seperti perubahan garis tepi pada Page Setup window. Pilih File|Page Setup dan ubah semua garis tepi ke 1″. Tekan OK. Ganti langkah ini dengan perintah apapun yang ingin macro yang telah anda buat untuk dilakukan. Pilih hanya options untuk memodifikasi. Tindakan seperti View|Toolbars tidak berpengaruh pada worksheet dan tidak akan direcorded.







8.   Klik tombol Stop recording toolbar. Macro sekarang disimpan.



Running A Macro

Untuk menjalankan macro yang anda buat, pilih Tools|Macro|Macros dari menu bar.

Dari jendela Macros, sorot Macro name dalam daftar dan klik Run.





3. Jika macro terlalu panjang dan anda ingin berhenti ketika dijalankan, Tekan BREAK (tahan CTRL dan tekan PAUSE).



Moving Through Cells

Gunakan mouse untuk memilih sel yang anda mulai untuk memasukkan data dan gunakan daftar perintah keyboard pada tabel dibawah untuk perpindahan sel pada worksheet.Movement        Key stroke

One cell up      up arrow key

One cell down down arrow key or ENTER

One cell left    left arrow key

One cell right  right arrow key or TAB

Top of the worksheet (cell A1)           CTRL+HOME

End of the worksheet (last cell containing data)        CTRL+END

End of the row            CTRL+right arrow key

End of the column      CTRL+down arrow key

Any cell           File|Go To menu bar command









Memasukkan Worksheets, Rows, and Columns

Worksheets – Memasukkan worksheet ke workbook dengan memilih Insert|Worksheet dari menu bar.

Row – Untuk memasukkan baris ke worksheet, pilih Insert|Rows dari menu bar, atau sorot baris dengan mengklik pada label baris, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.

Column – Masukkan kolom dengan memilih Insert|Columns dari menu bar, atau sorot kolom dengan mengklik dalam kolom label, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.



Mengubah ukuran Baris dan Kolom

Ada dua cara untuk mengubah ukuran baris dan kolom.

Resize a row dengan mendrag baris dibawah label baris yang ingin diubah ukurannya. Resize a column dengan cara yang sama drag baris ke kanan sesuai dengan label ke kolom yang ingin dirubah ukurannya.

- OR -

Klik bari atau kolom label dan pilih Format|Row|Height atau Format|Column|Width dari menu bar untuk masuk nilai tinggi baris atau lebar kolom.



Memilih Sel

Sebelum sel bisa dimodifikasi atau di format, pertma harus di sorot dahulu, seperti pada tabel dibawah cara menggolongkannya.Cells to select      Mouse action

One cell           click once in the cell

Entire row       click the row label

Entire column  click the column label

Entire worksheet         click the whole sheet button

Cluster of cells            drag mouse over the cells or hold down the SHIFT key while using the arrow keys







Untuk mengaktifkan suatu sel, klik ganda pada sel atau klik sekali dan tekan F2.



Memindahkan dan Mengcopy Sel



Memindahkan Cells

Untuk memotong isi sel yang akan dipindahkan ke sel lain pilih Edit|Cut dari menu bar atau klik tombol Cut pada standard toolbar.



Copying Cells

Untuk mengcopy isi sel, Pilih Edit|Copy dari menu bar atau klik tombol Copy pada standard toolbar.



Pasting Cut dan Copied Cells

Sorot sel yang ingin di paste dari cut atu copied kedalam isi dan pilih Edit|Paste dari menu bar atau klik tombol Paste pada standard toolbar.



Drag dan Drop

Jika anda ingin memindahkan isi sel hanya dalam jarak dekat, metode drag dan drop akan lebih mudah. Hanya dengan mendrag garis yang disorot pada sel yang dipilih ke tujuan sel dengan mouse.



Toolbar

Isi dari sel yang disorot bisa di format dalam banyak cara. Font dan sel attributes bisa dimasukkan dari tombol shortcut pada formatting bar. Jika toolbar ini tida siap ditampilkan dalam layar, pilih View|Toolbars|Formatting dari menu bar. .







Format Sel Kotak Dialog

Untuk melengkapi daftar format, klik kanan pada sel yang disorot dan pilih Format Cells dari shortcut menu atau pilih Format|Cells dari menu bar.





Number tab – Tipe data yang bisa dipilih dari options pada tab ini. Pilih General jika sel berisi teks dan angka, atau kategori penghitungan lain jika jumlah sel dimasukkan dalam fungsi formula.

Alignment tab – Option ini mengijinkan anda untuk mengubah posisi dan data alignment pada sel.

Font tab – Semua font atribut ditunjukkan dalam tab ini termasuk muka font, ukuran, style dan effect.

Border and Pattern tabs – Tab ini mengijinkan anda untuk memasukkan garis tepi, shading, dan warna background dalam sel.



Tanggal dan Jam

Jika anda memasukkan tanggal “January 1, 2001″ ke dalam sel pada worksheet, Excel akan otomatis mengenali teks sebagai tanggal dan mengubah format ke “1-Jan-01″. Untuk mengubah format tanggal, pilih Number tab dari jendela Format Cells. Pilih “Date” dari kotak Category dan pilih format untuk tanggal dari kotak Type. Jika field adalah jam, pilih “Time” dari kotak Category dan pilih tipe pada kotak kanan. Tanggal dan waktu dikombinasikan. Tekan OK ketika selesai.







Styles

Gunakan style dalam Excel mengijinkan anda untuk mmpercepat format worksheet anda, menyediakan dan membuat tampilan kelihatan profesional. Pilih style pada kotak panah style ke bawah dari format toolbar (ini bisa dimasukkan dengan customizing the toolbar). Excel menyediakan beberapa styles :







Kotak Dialog Style

Membuat style yang diinginkan dari kotak dialog style.

Sorot sel (s) yang ingin ditambahkan style

Pilih Format|Style… dari menu bar.



Modifikasi atribut dengan mengklik tombol Modify.

Ceklist semua item dibawah Style includes dan ini harus menjadi sytle format.

Klik Add untuk melihat perubahan format pada worksheet.

Sorot style yang ingin diaplikasikan ke paragraf dan klik Apply.



Membuat New Style

Pilih sel dalam worksheet yang berisi format yang ingin di set menjadi new style

Klik kotak Style pada formating toolbar lalu nama style sorot.



Hapus teks dalam kotak Style dan ketik dana dari new style .

Tekan ENTER ketika selesai.



AutoFormat

Excel memiliki banyak format tabel option. Masukkan style ini dengan mengikuti langkah berikut :

Sorot sel yang akan diformat.



Pilih Format|AutoFormat dari menu bar.

Pada kotak dialog AutoFormat, pilih format yang ingin diaplikasikan pada tabel dengan mengkliknya dengan mouse. Gunakan scrool bar untuk melihat semua format yang ada.



Klik tombol Options… untuk memilih element yang akan diformat

Klik OK ketika selesai





FUNCTION = RUMUS



Yang membedakan fitur spreadsheet seperti Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus matematika formula dan melaksanakan fungsi. Fungsi lainnya, tidak hanya untuk menampilkan teks pada tabel yang luas. Halaman ini akan menunjukkan bagaimana anda membuat rumus kalkulasi.



Formulas

Formulas dimasukkan dalam worksheet sel dan harus dimulai dengan dengan tanda sama dengan. “=”. Formula lalu dimasukkan ke alamat sel yang bernilai akan di manipulasi dengan sesuai penempatan. Setelah formula diketikan ke dalam sel, kalkulasi dilaksanakan segera dan formula itu sendiri terlihat dalam formula bar. Lihat contoh dibawah untuk melihat tampilan formula untuk kalkulasi harga buku. Formula akan mengalikan dan menjumlahkan jumlah dan harga tiap buku dan memasukkannya dalam total.







Linking Worksheets

Anda akan menggunakan nilai value dari sel dalam worksheet lain dalam workbook yang sama. Untuk contoh, value sel A1 dalam worksheet dan sel A2 dalam worksheet kedua bisa dimasukkan dengan menggunakan format “sheetname!celladdress”. Formula untuk contoh ini akan menjadi “=A1+Sheet2!A2″ dimana value dari sel A1 dalam worksheet dimasukkan ke value pada sel A2 dalam worksheet yang diberi nama “Sheet2″.



Relative, Absolute, and Mixed Referencing

Memanggil sel hanya dengan menulis kolom dan baris label (seperti”A1″) ini disebut juga relative referencing. Ketika formula berisi relative referencing dan dicopy dari satu sel ke sel, Excel tidak membuat salinan berupa formula. Ini akan mengubah alamat sel relatif kolom dan baris yang dipindahkan. Untuk contoh , Jika masukkan formula sederhana dalam sel C1 “=(A1+B1)” disalin ke C2, formula akan berubah ke “=(A2+B2)” untuk mencerminkan baris baru. Untuk mencegah perubahan ini, sel harus diisi dengan absolute referencing dan ini akan dikerjakan dengan menempatkan tanda “$” dalam alamat sel dalam formula. Melanjutkan contoh sebelumnya, formula dalam sel C1 akan terbaca “=($A$1+$B$1)” jika value dari C2 harus merupakan penjumlahan dari sel A1 and B1. Kolom dan baris sel akan menjadi absolut dan tidak akan berubah ketika disalin. Mixed referencing bisa juga digunakan dimana hanya baris atau kolom yang tetap. Untuk contoh, dalam formula “=(A$1+$B2)”, baris sel A1 is tetap dan kolom sel B2 juga tetap



Fungsi Dasar

Fugsi bisa lebih efisien dengan operasi matematika dari pada formula. Untuk contoh, jika anda ingin memasukkan values sel D1 sampai D10, anda akan mengetikan rumus formula “=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10″. Jalan pintas akan digunakan menjumlah (SUM) cara sederhana”=SUM(D1:D10)”. Beberapa fungsi lain dan contoh diberikan dalam tabel dibawahFunction         Example          Description

SUM   =SUM(A1:100)           finds the sum of cells A1 through A100

AVERAGE    =AVERAGE(B1:B10)           finds the average of cells B1 through B10

MAX   =MAX(C1:C100)       returns the highest number from cells C1 through C100

MIN    =MIN(D1:D100)        returns the lowest number from cells D1 through D100

SQRT  =SQRT(D10)  finds the square root of the value in cell D10

TODAY          =TODAY()     returns the current date (leave the parentheses empty)









Function Wizard

Tampilan semua fungsi ada dalam Function Wizard.

Aktifkan sel dimana fungsi akan ditempatkan dan klik tombol Function Wizard pada standar toolbar.

Dari kotak dialog Paste Function, browse sampai fungsi dengan mengklik dalam Function category menu pada sebelah kiri dan pilih fungsi dari pilihan Function name pada sebelah kanan. Masing-masing nama fungsi akan disorot dan deskripsi akan tampil dibawah dua kotak yang disediakan.



Klik OK untuk memilih fungsi

Jendela berikutnya mengijinkan anda untuk memilih sel yang akan dimasukkan ke dalam fungsi. Pada contoh dibawah, sel B4 dan C4 akan otomatis dipilih untuk fungsi penjumlahan pada Excel. Sel values {2, 3} terletak dikanan dari Number 1 field dimana alamat sel terdaftar. . Jika satuan sel lain, seperti B5 dan C5, perlu dimasukkan ke fungsi, sel itu akan ditambahkan dalam format “B5:C5″ ke Number 2 field.



Klik OK ketika semua sel untuk fungsi telah dipilih.



Autosum

Gunakan fungsi Autosum untuk memasukkan isi dari sel yang bersebelahan.

Pilih sel sum akan muncul dalam luar sel dan values akan dimasukkan. Sel C2 telah digunakan dalam contoh ini

Klik tombol Autosum (Greek letter sigma) pada standard toolbar.

Sorot penggolongan sel yang akan dijumlahkan (dalam hal ini sel A2 sampai B2 ).

Tekan ENTER pada keyboard atau klik tand ceklist hijau pada formula bar .





SORTING & FILLING



Basic Sorts

Untuk melaksanakan pengurutan secara secara alfabet baik menaik maupun menurun, sorot kolom pada sel yang akan diurutkan klik Sort Ascending (A-Z) atau Sort Descending (Z-A) pada standar toolbar



Complex Sorts

Untuk menyorot berbagai kolom, ikuti langkah berikut :

Sorot sel, baris, atau kolom yang akan disortir.

Pilih Data|Sort dari menu bar.

Dari kotak dialog Sort, pilih kolom pertama untuk disortir dari menu panah bawah menu Sort By dan pilih ascending atau descending.

Pilih kolom kedua dan, jika perlu isi kolom yang ketiga dari menu panah bawah Then By .



Jika sel yang anda sorot termasuk teks dalam baris pertama, beri tanda My list has…Header row dan baris pertama akan tersisa pada atas worksheet.

Klik tombol Options untuk yang bukan alfabet seperti bulan dalam setahun dan hari dalam seminggu. .



Klik OK untuk melaksanakan sort





Autofill

Autofill fitur mengijinkan anda untuk mengisi sel dengan berulang atau data contoh seperti kronologis tanggal atau angka, dan pengulangan teks

Ketik nomor awal atau tanggal atau tanggal atau teks yang akan diulang ke dalam sel.

Pilih dibawah, sudut kanan sel dengan mouse kiri dan drag ke sel yang ingin diisi.

Lepaskan tombol mouse.



Jika anda ingin mengisi otomatis kolom dengan sel, tampilkan nomor yang sama atau tanggal tanggal data harus sama ke dua sel yang bersebelahan dalam kolom. Sorot kedua sel dan drag dengan mouse.



Alternating Text and Numbers with Autofill

Autofill fitur bisa juga digunakan untuk alternatif teks atau nomor. Untuk contoh, untuk membuat pengulangan daftar hari dalam seminggu, ketik tujuh hari ke tujuh sel yang bersebelahan dalam kolom. Sorot ketujuh sel dan drag ke bawah dengan mouse.



Autofilling Functions

Autofill bisa juga digunakan untuk mengkopi fungsi. Dalam contoh dibawah, kolom A dan kolom B masing-masing berisi nomor dan kolom C berisi jumlah kolom A danB untuk masing-masing baris. Fungsi dalam sel C2 akan menjadi “=SUM(A2:B2)”. Fungis ini lalu bisa di salin ke sisa sel dari kolom C dengan mengaktifkan Sel C2 dan drag ke bawah untuk mengisi sisa sel. Fitur autofill akan otomatis mengupdate nomor baris dan menunjukkan dibawah jika sel acuan relatif.



 







Graphics



Memasukkan Clip Art

Untuk memasukkan Clip art ke worksheet ikutilah langkah-langkah berikut :

Pilih Insert|Picture|Clip Art dari menu bar.



Untuk mencari gambar Klik didalam kotak Search for clips. hapus ketikannya “Type one or more words. . .” dan masukkan kata kunci yang ingin anda cari.

- Atau-

Klik pilihan kategori yang ada.

Klik satu kali gambar image yang akan di masukkan dalam dokumen maka akan ada tampilan seperti dibawah ini:



Insert Clip untuk memasukkan clip art dalam dokumen.

Preview Clip untuk melihat image dalam kondisi ukuran sebenarnya, untuk menutup kembali preview ini cukup dengan mengklik tanda x di sudut kanan atas gambar.



Add Clip to Favorites akan memasukan gambar yang anda pilih ke dalam direktori favorit anda.dan bisa masukkan dalam Insert ClipArt dalam box.

Find Similar Clips akan memilih clip yang sama.



Dilanjutkan dengan memilih clip art yang anda suka lalu pilih tombol Close diatas,



Memasukkan Image dari file

Ikuti tahap demi tahap:

Pilih Insert|Picture|From File di menu bar.

Klik panah kebawah yang terletak sebelah kanan Look in: window untuk mencari image yang ada dalam komputert.

Sorot file yang ada di list lalu klik tombol Insert.







Mengedit Gambar Image

Aktifkan image yang akan di edit dengan mengklik sekali dengan mouse. Lalu atur sesuai keinginan anda. .





Insert Picture Untuk menyisipkan image di daerah halaman Excel

Image Control Untuk membuat warna menjadi hitam putih, grayscale atau menjadi bayang bayang

More/Less Contrast mengatur warna kontras pada image.

More/Less Brightness mengatur kecerahan pada image.

Line Style akan memasukkan variasi dari borders image.

Text Wrapping akan memodifikasi teks di depan atau luar image.

Format Picture menampilkan format image pada jendela terpisah..

Reset Picture akan menghapus kembali semua modifikasi terhadap image.



CHARTS



Charts mengijinkan anda untuk menyajikan data masukkan ke dalam worksheet dalam format tampilan dengan menggunakan berbagai variasi grafik. Sebelum anda membuat chart anda harus terlebih dahulu memasukkan data ke dalam worksheet. Halaman ini menerangkan bagaimana anda membuat chart yang mudah dari data.



Chart Wizard

Chart Wizard akan membawa proses membuat chart dengan menampilkan kotak dialog.

Masukkan data kedalam worksheet dan sorot semua sel termasuk dalam chart headers.

Klik tombol Chart Wizard dalam standar toolbar untuk melihat pertama kotak dialog Chart Wizard.

Chart Type – Pilih Chart type dan Chart subtype jika diperlukan. Klik Next.



Chart Source Data – Pilih daerah data (jika berbeda dari daerah yang disorot dalam langkah 1) dan klik Next.



Chart Options – Masukkan nama dari grafik dan judul untuk X- dan Y-axes. Pilihan lain untuk axes, grid lines, legend, data labels, dan data tabel bisa diubah dengan mengkliknya pada tabs. Tekan Next untuk pindah ke pilihan selanjutnya.



Chart Location – Klik As new sheet jika grafik harus ditempatkan dalam tempat yang baru, worksheet kosong atau pilih As object in jika grafik harus ditempelkan dalam sheet yang ada dan pilih worksheet dari menu panah bawah.



Klik Finish untuk membuat grafik .







Mengubah ukuran grafik

Untuk mengubah ukuran grafik, klik pada baris dan drag pada kotak hitam pada sudut. Kotak hitam disudut akan mengubah ukuran grafik yang proporsional sepanjang garis dari awal grafik. .



Memindahkan grafik

Pilih garis pada grafik, tekan tombol kiri mouse, dan drag grafik ke lokasi baru. Elemen didalam grafik seperti judul dan label akan dipindahkan juga dalam grafik. Klik pada elemen untuk mengaktifkannya, dan gunakan mouse untuk mendrag element untuk berpindah.



Format grafik Toolbar







Chart Objects List – Untuk memilih objek dalam grafik format, klik objek pada grafik atau pilih objek dari Chart Objects List dan klik Format button. Jendela yang berisi objek akan muncul untuk membuat perubahan format.



Chart Type – Klik panah pada tipe grafik untuk memilih tipe grafik



Legend Toggle – Tunjukan atau sembunyikan legend grafik dengan mengklik tombol



Data Table view – Tampilkan data tabel sebagai ganti dari grafik dengan mengklik tombol Data Table.



Display Data by Column or Row – grafik data dengan kolom atau bari disusun ke dalam data sheet.



Angle Text – Pilih kategori atau nilai axis dan klik Angle Downward atau tombol Angle Upward untuk perputaran dipilih dengan by +/- 45 derajat. .







Mengkopy Grafik ke Microsoft Word

Menyelesaikan grafik bisa dengan mengkopy kedalam dokumen Microsoft Word. Pilih grafik dan klik Copy. Buka tujuan dokumen dalam Word dan klik Paste.

Page Properties = Pengaturan Atribut Halaman



Page Breaks

Untuk mensetting page breaks, pilih baris yang ingin ditampilkan, dibawah halaman page break dengan mengklik baris label. Lalu pilih Insert|Page Break dari menu bar. Anda harus mengklik ganda panah bawah pada bawah daftar menu untuk melihat option ini.



Setting Halaman

Pilih File|Page Setup dari menu bar ke format halaman, set margins, dan masukkan headers dan footers.

Halaman

Pilih Orientation dibawah Page tab dalam jendela Page Setup untuk membuat halaman Landscape atau Portrait. Ukuran worksheet pada halaman bisa juga diformat dibawah Scaling. Untuk memaksa worksheet mencetak hanya satu halam lebar dan semua kolom yang ditampilkan dalam halaman yang sama, pilih Fit to 1 page(s) wide.



Margins(Garis Tepi)

Ubah atas, bawah, kiri dan kanan garis tepi dibawah dengan Margins tab. Masukkan nilai dalam header dan footer field untuk menandakan seberapa jauh dari tepi halaman teks ini harus ditampilkan. Ceklist kotak untuk centering horizontally atau vertically pada halaman.



Header/Footer

Menambahkan headers dan footers pada halaman dengan mengklik tombol panah bawah dibawah Header/Footer tab.



Untuk memodifikasi header atau footer, atau membuatnya sendiri, klik Custom Header dan tombol Custom Footer. Jendela baru akan terbuka mengikuti anda untuk memasukkan teks dikiri, tengah atau kanan halaman.







Format Text – Klik tombol ini setelah menyorot teks untuk mengubah font, size, dan style.

Page Number – Memasukkan nomor halaman pada setiap halaman.

Total Number of Pages – Gunakan fitur ini Use this feature bersama nomor halaman untuk membuat string seperti “page 1 of 15″.

Date – Memasukkan tanggal.

Time – Memasukkan Jam sekarang.

File Name – Memasukkan nama pada file workbook.

Tab Name – Memasukkan nama pada worksheet’s tab.

Sheet

Ceklist Gridlines jika anda ingin membagi halaman sel untuk di cetak.





Print Preview

Pilih File|Print Preview dari menu bar untuk melihat bagaimana worksheet akan dicetak. Klik Next dan tombol Previous pada atas window untuk menampilkan halaman dan klik tombol Zoom untuk melihat halaman lebih dekat. Membuat halaman layout modifikasi dibutuhkan dengan mengklik tombol Page Setup. Klik Close untuk kembali ke worksheet atau Print untuk melanjutkan mencetak.



Print

Untuk mencetak ke worksheet, pilih File|Print dari menu bar.





Print Range – Pilih semua halaman atau daerah halaman yang akan dicetak.

Print What – Pilih sel yang disorot dalam worksheet, active worksheet, atau semua worksheet dalam workbook.

Copies – Pilih jumlah copyan yang akan dicetak.



Klik OK untuk mencetak



Keyboard Shortcut



Keyboard shortcuts bisa menghemat waktu, inilah tombol shorcut pada Excel yang perlu diingat, untuk mempercepat pekerjaan :Action          Keystroke

Document actions

Open a file      CTRL+O

New file          CTRL+N

Save As           F12

Save    CTRL+S

Print    CTRL+P

Find     CTRL+F

Replace           CTRL+H

Go to   F5



Cursor Movement

One cell up      up arrow

One cell down down arrow

One cell right  Tab

One cell left    SHIFT+Tab

Top of worksheet (cell A1)     CTRL+Home

End of worksheet

(last cell with data)     CTRL+End

End of row      Home

End of column            CTRL+left arrow

Move to next worksheet         CTRL+PageDown



Formulas

Apply AutoSum          ALT+=

Current date    CTRL+;

Current time    CTRL+:

Spelling           F7

Help    F1

Macros            ALT+F8



                                                Action Keystroke

Selecting Cells

All cells left of current cell     SHIFT+left arrow

All cells right of current cell   SHIFT+right arrow

Entire column  CTRL+Spacebar

Entire row       SHIFT+Spacebar

Entire worksheet         CTRL+A



Text Style

Bold    CTRL+B

Italics  CTRL+I

Underline        CTRL+U

Strikethrough  CTRL+5



Formatting

Edit active cell            F2

Format as currency with 2 decimal places      SHIFT+CTRL+$

Format as percent with no decimal places      SHIFT+CTRL+%

Cut      CTRL+X

Copy   CTRL+C

Paste    CTRL+V

Undo   CTRL+Z

Redo   CTRL+Y

Format cells dialog box           CTRL+1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar